Peresmian Unit Produksi Pakan Ikan dan Embung Kabupaten Pangandaran

indonesiasatu, 11 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANDARAN -  Wakil bupati Pangandaran H Adang Hadari, hadiri peresmian unit produksi pakan ikan mandiri  dan Embung bertempat di gedung unit produksi pakan ikan mandiri  di pelabuhan Babakan Pangandaran, Kamis, 20/10/2019.

Dalam kesempatan itu hadir Direktur pakan dan obat Ikan Ditjen budidaya perikanan kementrian kelautan Ir Mimid Abdul Hamid, ketua DPRD kabupaten Pangandaran Asep Nurdin, asisten daerah bidang perekonomian dan pembangunan Drs Ade Supriatna.

Dalam sambutannya wakil bupati Pangandaran H Adang Hadari menyampaikan bahwa (KKP) kementrian kelautan dan perikanan telah membangun embung di lahan seluas 4,1 hektar yang berada dikawasan grand Pangandaran.

Pembangunan embung ini sangatlah dirasakan manfaatnya, selain sebagai penampung air juga untuk budidaya perikanan dan menjadi destinasi wisata baru yang diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat Pangandaran, " ujarnya.

Selain itu, dengan adanya unit produksi pakan ikan mandiri ini, diharap bisa menjangkau keseluruhan pembudidaya ikan di kabupaten Pangandaran.

Bagi warga kabupaten pangandaran yang membutuhan pakan ikan, selain lebih dekat, harga  jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pakan ikan komersil.

" Jika harga pakan komersial dijual Rp 8.500/ kg nya, sedangkan pakan ikan mandiri ini hanya dijual Rp 6.500/ kg, meskipun diharapkan bisa dijual dikisaran Rp 5.000/ kilonya, " sebut Wabup.

Sementara direktur pakan dan obat ikan, Ir Mimid Abdul Hamid menyampaikan bahwa, unit produksi pakan ikan mandiri ini sudah beroperasi mulai awal tahun 2019. 

Menurutnya, unit produksi pakan ikan ini masih dibawah tanggung jawab balai besar perikan budidaya laut Lampung dengan target produksi 300 ton, sampai saat ini sudah produksi 77 ton, dan 20 ton didistribusikan di wilayah kabupaten Pangandaran, dan sisanya disebar ke kabupaten Ciamis dan wilayah kota Banjar.

Diharapkan dengan dibangunnya unit produksi pakan ikan mandiri ini, bisa menjangkau kebutuhan pakan bagi pembudidaya ikan serta dapat menekan biaya produksi budidaya ikan minimal 30%, " ujarnya.

Selain itu, keberadaan embung ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maximal, selain untuk event olah raga air, penebaran ikan budidaya, juga berfungsi sebagai pengendali banjir bila di musim hujan dan sebagai wadah ketersediaan air di musim kemarau, " pungkasnya. ( Anton AS )

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu